Hasilkan uang dari membuat eBook

Apa Keuntungan Membuat eBook?

Seperti judul pada artikel ini, tentu Anda sudah memiliki gambaran mengenai apa keuntungan membuat eBook. Sebagian orang yang mencoba peruntungan di dunia internet marketing tentu pernah membuat eBook, berikut adalah keuntungannya:
1. Mendapatkan Subscriber
Jika Anda ingin menghasilkan uang dari internet, pastikan memiliki subscriber yang loyal. Tidak jauh berbeda ketika Anda berjualan, tentu harus memiliki pelanggan setia supaya dagangan Anda laku terjual.
Untuk mendapatkan subscriber yang loyal, cara terbaik adalah dengan mendapatkan alamat email mereka dengan cara mewajibkan subscribe sebelum eBook akan di download secara gratis.
Perlu contoh alurnya seperti apa?
Coba Anda download eBook gratis dari Niagahoster melalui tautan berikut.
Anda bisa meniru alur tersebut. 🙂
Untuk cara membuatnya sangatlah mudah jika website Anda menggunakan WordPress, Anda hanya perlu melakukan instalasi plugin berikut dan sedikit pengaturan.
Silakan ikuti tutorial cara membuat website, jika Anda belum memiliki website.
2. Mendapatkan Penghasilan
Kebanyakan blogger untuk mendapatkan penghasilan lebih fokus pada konten blog yang mereka buat, padahal eBook dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan konversi.
Ada dua hal yang bisa Anda manfaatkan, pertama Anda akan mendapatkan alamat email mereka untuk dikirimkan email penawaran mengenai produk yang Anda jual. Kemudian yang kedua, Anda bisa menyisipkan link afiliasi.
Penting!!!
Untuk link afiliasi, pastikan produknya sesuai dengan jenis eBook Anda. Misalnya, jika eBook Anda membahas tips mengenai pariwisata, afiliasi yang paling mendekati adalah tiket hotel atau perjalanan.
3. Meningkatkan Jumlah Pembaca
File PDF sangat mudah dibagikan dan diakses kapan saja tanpa harus memerlukan koneksi internet. Sehingga, potensi jumlah pembaca tulisan Anda akan meningkat. Pastikan isi eBook Anda memiliki manfaat yang dapat menyelesaikan permasalahan banyak orang.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membuat eBook?

Membuat eBook adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling mungkin untuk dikerjakan, karena dengan adanya alat dan bahan yang mudah didapat (khusus bagi Anda yang memiliki perangkat komputer atau laptop).
Sebelum Anda mulai membuat eBook, berikut tool yang perlu disediakan:
  • Software editor untuk menulis seperti Open Office yang tersedia secara gratis atau Google Docs (memerlukan koneksi internet).
  • Software editor gambar contohnya seperti Photoshop, diperlukan untuk membuat sampul eBook.

Berikut Langkah Membuat eBook:

a. Riset Target Pasar
Sebelum membuat eBook, pastikan untuk mengetahui siapa nantinya pembaca eBook Anda.
Caranya…
Anda dapat mencari kata kunci yang banyak dicari orang untuk menyelesaikan permasalahan. Untuk mencarinya dapat memanfaatkan berbagai tool yang tersedia secara gratis atau berbayar.
Untuk tool gratis dapat menggunakan Google Keyword Planner atau Ubersuggest.
Berikut adalah kata kunci yang didapat dengan menggunakan ubersuggest.
uang dari internet
Untuk kata kunci cara membuat website, memiliki total pencarian sebanyak 27.100dalam sebulan. Dari hasil tersebut, Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda, yaitu orang yang ingin mengetahui bagaimana caranya membuat website.
Untuk mendapatkan penghasilan dari eBook yang Anda buat ada dua pilihan, pertama Anda jadikan eBook tersebut berbayar dan yang kedua eBook tersebut gratis, tapi Anda tawarkan produk di dalamnya, contohnya seperti afiliasi hosting.
Itu hanya sebagai gambaran, silakan disesuaikan dengan apa yang Anda pahami.
b. Topik dan Judul
Setelah Anda mengetahui siapa target pasar untuk eBook yang dibuat tentunya akan dengan mudah membuat konten untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Jadi pastikan membuat topik yang sesuai dengan target Anda serta judul yang menarik.
Judul yang Anda buat pastikan mewakili apa yang Anda bahas pada eBook tersebut dan memberikan gambaran jika apa yang dibahas dapat menyelesaikan permasalahan.
c. Outline
Membuat outline atau kerangka untuk sebuah eBook adalah hal yang wajib Anda lakukan sebelum menulis artikel.
Seberapa penting sebuah outline akan Anda ketahui ketika menulis sebuah eBook atau artikel yang cukup panjang.
Berikut ini alasan kenapa outline untuk eBook adalah hal yang penting.
  • Lebih Fokus: Sebuah outline akan membantu Anda untuk fokus, sehingga Anda dapat menentukan apa yang akan ditulis. Mulai dari kalimat pertama sampai kalimat terakhir sampai sebuah kesimpulan. Kerangka tulisan dapat mempercepat Anda dalam menyelesaikannya dengan efektif (untuk artikel ini, tentu kami membuat outline terlebih dahulu).
  • Memahami Alur: Akan lebih mudah memahami alur sebuah artikel ketika membaca outlinenya terlebih dahulu, jika dibandingkan dengan membaca semua isi artikel. Sebelum membaca artikel ini, pasti Anda membaca subjudul nya terlebih dahulu. Sehingga sebuah outline dapat memberitahu pembaca mengenai apa yang Anda bahas.
  • Tepat: Anda akan mengetahui dengan pasti mengenai tulisan yang akan dibahas. Sehingga tidak membuat artikel diluar pembahasan.
  • Lengkap: Anda akan dengan mudah melakukan pengecekan apakah artikel yang Anda tulis sudah lengkap atau belum. Sehingga tidak ada pesan yang terlewatkan ke pembaca.
d. Tulis eBook
Setelah Anda selesai membuat outline atau kerangka eBook, selanjutnya adalah melengkapinya dengan artikel. Untuk menulis eBook, Anda dapat menggunakan Open Office yang bisa didapat secara gratis.
Selain itu, fitur lengkapnya yang memunginkan Anda melakukan eksport dari file .doc ke file .pdf.
Anda harus mengetahui kenapa orang ingin mendonwload eBook yang Anda buat.
Alasannya sederhana, karena mereka ingin mengetahui bagaimana cara melakukan sesuatu. Oleh karena itu, pastikan untuk menampilkan atau menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa yang akan dibahas.
Untuk kebanyakan eBook biasanya akan diawali dengan halaman daftar isi, contohnya seperti artikel ini.
Kemudian untuk struktur penulisannya, Anda dapat meniru eBook Niagahoster atau artikel yang sedang Anda baca.
Seperti adanya subjudul, list, dan juga paragraf yang tidak terlalu rapat. Supaya orang yang membaca melalui perangkat mobile lebih nyaman.
Gunakan juga gambar yang memiliki kualitas bagus. Untuk mencari gambar dapat melalui stock gambar gratis.
Mengenai huruf gunakanlah yang sederhana seperti Arial, Verdana atau Georgia. Untuk ukuran sebesar 14 atau 16 dengan warna hitam. Jangan gunakan warna merah.
Untuk memastikan eBook yang Anda buat memiliki isi yang berkualitas sehingga dapat menyelesaikan permasalahan pembacanya, pastikan untuk meminta bantuan profesional untuk mengecek hasil tulisan Anda.
Bagian yang tidak kalah penting yaitu mengenai cover eBook. Pastikan Anda membuat cover yang menarik karena ini merupakan bagian pertama yang dilihat oleh pengunjung.
Meskipun ada istilah “Don’t judge a book by its cover“, tapi untuk Anda yang akan membuat eBook, pastikan untuk menggunakan cover yang menarik.
Berdasarkan survey The Book Smugglers, terdapat 79% dari total 616 orang yang setuju jika cover buku adalah hal yang dijadikan pertimbangan ketika mereka akan membeli sebuah buku.
e. Kompres ke PDF
Ini adalah langkah berikutnya setelah Anda selesai menulis, yaitu mengubahnya menjadi file PDF.
Kenapa harus PDF?
Karena file tersebut dapat diakses dengan baik melalui berbagai perangkat. Untuk melakukan konversi dari Word ke PDF, saat ini sudah tersedia berbagai tool baik untuk Ms Word atau tool online seperti small PDF.
f. Promosikan eBook Anda
Setelah eBook sudah jadi, langkah selanjutnya adalah memberitahukannya pada orang-orang yang dijadikan target.
Supaya eBook Anda banyak yang download dan lebih tertarget, dapat dilakukan dengan banyak cara.
Salah satunya dengan menggunakan layanan iklan seperti Google Adwords atau Facebook Ads.
Untuk beriklan di Facebook, silakan ikuti panduan yang sudah kami tulis melalui eBook Panduan Facebook Ads untuk Pemula.
Apakah ada yang terlewatkan?
Jika Anda pernah membuat eBook dan memiliki beberapa tips yang ingin dibagikan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar. Kami ingin menjadikan artikel ini sebagai sumber bermanfaat yang dapat digunakan pembaca yang ingin membuat eBook.

4. Ikut Program AdSense

AdSense
Apakah Anda memiliki teman atau tetangga yang setiap hari ada di rumah tapi tetap berpenghasilan?
Jangan berfikiran negatif dulu, mungkin dia adalah seorang blogger yang memiliki sumber penghasilan dari Google Adsense. Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari Google Adsense?

Apa itu Google AdSense?

Ini adalah sebuah layanan yang dimiliki Google untuk menampilkan iklan pada sebuah website. Iklan tersebut berasal dari orang atau perusahaan yang ingin melakukan promosi melalui Google AdWords sesuai dengan kata kunci tertentu.

Keuntungan Mengikuti Program Google AdSense

  • Iklan Lebih tertarget
Iklan Anda akan disesuaikan dengan dilakukan peninjauan terlebih dahulu supaya sesuai dengan konten atau pengunjung website Anda.
Selain itu iklan akan disesuaikan dengan jenis perangkat yang digunakan pengunjung.
Sehingga pengahasilan yang akan Anda dapatkan memiliki potensi yang lebih besar.
Untuk jenis iklan yang dapat Anda pasang berupa jenis iklan teks, gambar, multimedia dan masih banyak lagi.
  • Kendali di Tangan Anda
Anda tidak perlu khawatir mengenai iklan dengan konten negatif, karena setiap iklan akan ditinjau terlebih dahulu.
Selain itu Anda juga bisa melakukan pengecekan iklan, kemudian blokir iklan yang tidak ingin ditampilkan di blog Anda.
Bahkan Anda juga bisa melakukan pemblokiran pada pengiklan tertentu dan memilih iklan yang sesuai dengan konten Anda.
  • Hanya Iklan Bayaran Tertinggi yang Ditampilkan
Pengiklan akan bersaing untuk memasang iklan di bagian terbaik pada website Anda. Sehingga untuk potensi yang bisa Anda hasilkan akan lebih besar, dengan iklan yang tepat sasaran.
  • Iklan Responsif
Iklan pada website Anda akan tampil dengan baik di berbagai perangkat, baik desktop atau perangkat seluler.
Ukuran iklan akan mengikuti ukuran dari layar perangkat yang digunakan. Sehingga Anda akan tetap dapat penghasilan meskipun pengunjung mengakses blog Anda melalui perangkat smartphone atau tablet.
  • Optimalkan Pendapatan
Anda dapat melihat laporan mengenai unit iklan mana yang memiliki pendapatan terbaik dan iklan mana dengan pendatannya kurang. Sehingga Anda bisa dengan mudah dalam menentukan iklan mana yang tetap ditampilkan berdasarkan posisi dan jenis iklan.

Cara kerjanya bagaimana?

Tentu Anda masih ingat mengenai cara melakukan promosi eBook supaya lebih tertarget. Misalnya ada perusahaan yang ingin mengiklankan produknya melalui Google AdWords dengan kata kunci tertentu. Kemudian iklan tersebut tampil di blog Anda.
Nah Anda akan mendapatkan bayaran setiap ada orang yang melakukan klik pada iklan yang ditampilkan di website atau blog Anda.

Cara memulainya

Supaya Anda bisa mengikuti program Google AdSense, Anda harus memiliki website atau blog dengan beberapa artikel yang sudah di publish. Saat ini untuk membuatnya, sangatlah mudah dan tidak memerlukan waktu lama, silakan ikuti tutorial mengenai cara membuat blog untuk pemula yang telah kami tulis lengkap langkah-langkahnya.
Selanjutnya adalah mendaftarkan blog Anda untuk memasang iklan Adsense melalui tautan berikut.
Silakan tunggu email pemberitahuan dari pihak Google Adsense mengenai permohonan akun Adsense Anda apakah diterima atau ditolak. Jika ditolak, silakan ikuti petunjuk yang diberikan pihak AdSense yang tertera pada email.
Jika diterima, silakan pasang iklan Anda sesuai petunjuk yang ada atau silakan ikuti tutorial mengenai cara memasang Adsense di blog.

Entri yang Diunggulkan

HAL YANG AKAN MEMBUAT ANDA SUKSES

Filsuf Yunani kuno Heraclitus pernah berujar bahwa tak ada yang abadi kecuali perubahan. Sepanjang hidup, kita hanya bisa terus mengantis...