cara mengurangi panas notebook

laptop panasbaiklah mari ikuti instruksinya
Laptop yang terlalu panas karena lama terlalu lama dipakai memang tidak baik bagi hardware di dalamnya. Cooling saja kadang tidak cukup. Karena itu Anda perlu mengetahui cara-cara untuk mengatasi panas laptop.

Cooling pad adalah cara yang paling umum digunakan. Namun, pemakaian cooling pad hanya menurunkan temperatur cpu 1-5 derajat Celcius. Nah, untuk mendukung cara pertama ini Anda harus rajin membersihkan kipas dan heatsink notebook dari debu. Debu di kipas dan heatsink pada laptop yang jarang dibersihkan akan menghalangi hembusan udara panas keluar, jadi cpu akan cepat panas.

Selanjutnya, Anda bisa mengganti thermal paste CPU. Setelah bersihkan heatsink dari debu, jangan lupa ganti thermal paste. Thermal paste tidak berfungsi untuk mendinginkan cpu secara aktif, melainkan membuat transfer panas dari CPU ke heatsink menjadi lebih baik.
Perhatikan juga suhu ruangan. Suhu ruangan ternyata sangat berpengaruh terhadap panas laptop. Ruangan ber-AC atau yang memiliki sirkulasi udara cukup bagus bagi laptop.
Dan yang terakhir, Anda bisa menggunakan Undervolting. Undervolting adalah proses mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Undervolting tidak mempengaruhi performance sama sekali, tapi kinerjanya mengurangi panas laptop bisa diandalkan.

Meski begitu Anda harus mempunyai keahlian dan waktu cukup untuk melakukan proses ini. Ini karena kita harus mencari voltase stabil terendah untuk tiap-tiap multiplier di CPU. Oleh karena itu, jika panas laptop Anda masih bisa ditangani, Anda gunakan cara ketiga sebelumnya saja.

smoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thank you for the criticism and advice

Entri yang Diunggulkan

HAL YANG AKAN MEMBUAT ANDA SUKSES

Filsuf Yunani kuno Heraclitus pernah berujar bahwa tak ada yang abadi kecuali perubahan. Sepanjang hidup, kita hanya bisa terus mengantis...